Rabu, 02 September 2015

Tentang D-III Manajemen Keuangan dan Perbankan

 
Program Studi Diploma III Keuangan dan Perbankan bertujuan menghasilkan tenaga ahli madya (Amd) yang profesional di bidang Keuangan dan Perbankan. Proses pencapaian tenaga Ahli Madya dirancang tidak lebih dari 3 (tiga) tahun. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut, maka proses pembelajaran menggunakan kurikulum 60% (persen) praktek/praktikum dan 40% (persen) teori.



Program Studi Diploma Tiga (D-III) Manajemen Keuangan dan Perbankan Universitas Muhammadiyah Malang dalam penyelenggaraan proses belajar mengajar selalu memberikan informasi melalui brosur, leaflet dalam kegiatan-kegiatan penerimaan mahasiswa baru. Sedangkan, kegiatan-kegiatan ilmiah yang melibatkan masyarakat luar kampus, Program Studi Diploma Tiga (D-III) Manajemen Keuangan dan Perbankan selalu menginformasikan melalui media televisi dan cetak serta melalui internet (website: http://www.umm.ac.id). Permasalahan dan isue-isue yang sedang berkembang dimasyarakat selalu dijadikan bahasan didalam Program Studi Diploma Tiga (D-III) Manajemen Keuangan dan Perbankan dengan melakukan kegiatan seminar, lokakarya, workshop serta pelatihan.


Struktur Organisasi Dalam pengelolaan dan penyelenggaraan proses belajar mengajar Program Studi Diploma III Keuangan dan Perbankan Universitas Muhammadiyah Malang berbasis pada paradigma baru sistem pendidikan tinggi (akreditasi, otonomi, akuntabilitas, evaluasi dan kualitas) serta proses pembelajaran berbasis kompetensi. Hal ini telah memberikan pemahaman bersama bahwa segala proses pembelajaran akan dikatakan efektif bila peserta didik/mahasiswa pada akhir kuliah tidak hanya sebatas memiliki “ knowledge of technology”, tapi juga memiliki kapasitas untuk mampu melakukan/menerapkannya dengan baik, dan memiliki orientasi profesi yang kuat, untuk mengembangkan pengetahuan dan kapabilitas yang diperoleh bidang keuangan dan perbankan. Praktek Kerja Lapang (PKL) pada lembaga keuangan Bank dan non bank, workshop, lokakarya dan pelatihan serta laboratorium inkubator ekonomi, yang didukung dengan penggunaan teknologi informasi multimedia dan internet dalam proses pembelajaran, akan memperkuat pembentukan kompetensi dan penjiwaan profesi.

Visi, Misi, Sasaran dan Tujuan Program Studi
Visi Program Studi :
Menjadikan Program Studi sebagai lembaga yang unggul dalam menyiapkan calon profesional yang akan memenuhi kebutuhan tenaga Ahli Madya dalam bidang Keuangan dan Perbankan yang berbasis teknologi informasi serta mengedepankan Etika dan moral Islami.

Misi Program Studi :
1. Menyelenggarakan pendidikan untuk mempersiapkan peserta didik sebagai calon tenaga professional tingkat Madya dalam bidang pengelolaan keuangan dan perbankan yang memadukan program pendidikan sesuai dengan kebutuhan pasar.
2. Melaksanakan pengembangan keilmuan dan penelitian dalam bidang keuangan dan perbankan berbasis pada dinamika ilmu keuangan-perbankan dan perkembangan teknologi informasi.
3. Pengembangan pengabdian pada masyarakat meliputi pelayanan dan kerjasama yang berguna bagi pencerahan, pencerdasan dan pemberdayaan masyarakat dalam bidang keuangan dan perbankan yang dikembangkan secara terus menerus. .

Sasaran Program Studi :
Menghasilkan lulusan profesional tingkat ahli madya yang menguasai kemampuan dalam pelaksanaan dan koordinasi tugas di bidang keuangan dan perbankan yang ditunjang oleh penguasaan tehnologi informasi dan bahasa asing.

Tujuan Program Studi :
1. Melaksanakan proses pendidikan yang berkualitas, produktif dan efisien melalui penerapan program RAISE+ (Relevancy, Atmosfir akademic, Internal Manajemen, Sustainability, efficiency and productivity)
2. Menyiapkan peserta didik menjadi calon professional di bidang keuangan dan perbankan dengan karakteristik: Komitmen moral dan integritas pribadi, mempunyai sikap mandiri, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan di bidang keuangan dan perbankan
3. Menghasilkan lulusan berkualitas yang memiliki kemampuan dalam:
― Praktek operasional perbankan konvensional maupun syariah.
― Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dalam rangka pemenuhan kebutuhan kredit melalui peran sektor perbankan.
― Kemampuan Berwirausaha sesuai dengan bidang keilmuan yang dimiliki, yaitu keuangan dan perbanakan.

Sumber: http://d3-bank.umm.ac.id/home.php?c=0202071101&lang=id

1 komentar:

  1. Thank you for nice information
    Please visit our website:
    https://uhamka.ac.id/

    BalasHapus